Selasa, 25 Agustus 2009

Cerita Engineer Dodol - part 2

Semua mahasiswa baru berkumpul di aula, pertemuan persiapan buat opspek besok. hmmm..kata orang opspek ni acara pembantaian mahasiswa baru, kek apa yaa rasanya.
Aku duduk bersila di barisan tengah. Senior-senior bertebaran di seluruh ruangan. Di dekat pintu masuk, di samping, di belakang, di depan menghadap ke mahasiswa baru,..banyak deeeh. Seorang senior mengetukkan penghapus di meja, berharap mendapat perhatian, dan yup.., you got it bro!.semua mata memandang ke arahnya.

Senior 1 : Perhatian semuanya..
Senior 2 : Selamat pagi adik-adik semua
Maru(mahasiswa baru) : Selamat pagiii (sebagian doank.., sebagian lagi hanya..pagiiii..)

Senior 2: perkenalkan saya Andi, angkatan 92, saya adalah ketua panitia untuk opspek kali ini yang akan berlangsung mulai besok selama 3 hari. Perlu saya tegaskan bahwa di opspek ini diberlakukan 2 peraturan, 1. Senior selalu benar, 2. Apabila ada hal-hal lainnya, liat peraturan nomor 1.

(seketika suasana ramai..ada yang protes, ada yang ketawa, tapi ada yang nyantai cool kayak aku.:-p)

Senior 3 : diam semua!!! Siapa suruh kalian bicara!!

(waks..kaget aku, begitu pula dengan teman-teman baruku yang lain, dan suasana yang tadinya riuh karena maru yang mengeluarkan suara, sekarang terbalik, suasana riuh karena senior-senior ada yang teriak-teriak, ada yang mukul meja…kasian tuu meja)

Senior 2: oke, selanjutnya saudara Bimo akan menjelaskan tugas kalian.
Senior 4: nama saya Bimo, sama dengan Andi, saya angkatan 92. Saya akan menjelaskan tugas untuk kalian dan harus dibawa besok, untuk yang tidak membawa akan dikenakan hukuman. Tugas kalian untuk hari pertama besok :
1. Membawa kerupuk diameter 10cm
2. Membuat arsiran berjarak 2mm vertical, horizontal, 45* kiri atas ke kanan bawah dan 45* kiri bawah ke kanan atas di 4 buah kertas manila warna hijau ukuran 30x40cm, dengan batas tepi arsiran 1cm dari sisi kertas. Jadi 1 kertas berisi arsiran vertical, 1 lagi untuk yang horizontal, 1 lagi miring dari kiri ats ke kanan bawah dengan sedut 45 dan 1 lagi sebaliknya. Jangan lupa diberi garis tepi yang berjarak 1 cm dari sisi kertas.
Okey..itu dulu saja..(Waah..cuma ini ajah seeh gampang..) selanjutnya kalian akan diajari salam ketika bertemu senior. Silahkan Sarah

Senior 5 : Pagi semua.. saya Sarah, angkatan 93. Saya akan mengajarkan salam yang harus kalian lakukan ketika bertemu senior. Yaak..semuanya berdiri…(kita semua maru berdiri). Ikuti gerakan saya yaa.. kedua tangan di depan, kaki kanan diangkat sedikit ke atas..tirukan saya yaa..kremol-kremol-kremol..aku benci..aku benci tapi aku suka..brrrrrr (dibarengi dengan gerakan tangan yang meremas-remas dan kaki kanan yang digerakkan seperti anjing yang mau nguburin tulang kesayangannya dan diakhiri dengan mulut yang digetarkan dan kepala yang digelengkan ke kanan dan ke kiri…coba sih!)

xixixi..semua maru tertawa..lagi-lagi terdengar teriakan senior yang menyuruh kita diam.

Selesai acara di aula, aku dan teman-teman baruku mulai berburu kerupuk diameter 10cm, mulai dari yang dekat2 dulu deeh..kantin ..
Ada sih krupuk, tapi diameternya 12-14cm..alhasil..tuh krupuk kita gerigitin pinggirnya sedikit demi sedikit. Kerupuk pertama yang aku gerigitin mungkin saking besarnya tenaga yang aku keluarkan untuk menggigit, kerupuknya jadi patah..yo wes laah..aku habisin sekalian.., nah..baru kerupuk yang kedua sukses.

Sambil jalan kaki dari kampus ke kost, aku coba cari kertas manila warna hijau..ternyata ga dapet. Akhirnya dengan ditemenin temen kost, aku cari di toko buku yang agak besar. Sesampainya di toko buku, bukannya nyari kertas manila terlebih dahulu, tapi aku malah liat-liat buku terbaru, baca-baca sedikit, trus liat-liat alat gambar, meja gambar..
Tiba-tiba temenku menghampiri, ngajak buruan pulang soalnya dah mau maghrib. Oh my..aku belum dapet kertas manila-nya. Buru-buru aku ke stationery, thanks God..kertasnya dapet.

Setelah makan malam, niatnya mo langsung bikin tugas…eh, temen2 kostku lagi nonton film korea di ruang keluarga..waa..seru nih nonton bareng-bareng. Gak kerasa sudah jam 9 lewat..hiks..aku musti bikin tugas!!
Aku masuk kamar, aku siapkan kertas manila, aku potong jadi 4 lembar masing-masing 30x40cm. Aku ambil lembar pertama..mulai menggaris satu demi satu..

Jam 10.10..thank’s God..dapet 1 lembar arsiran vertikal..
Aku ambil lembar kedua..
Jam 11.25..huppfh..dapet juga 1 lembar arsiran horizontal..lah kok..yg bagian bawah kekna bukan 2mm lagi jarak arsirannya,..tapi ada yang 2.2mm, ada yang 2.6mm..ada yang 3mm malah..hikss..apakah harus kuhapus kubuat ulang?? Ah biarin ajaah!!

11.50..whoooahmmm..lembar ketiga..arsiran miring, dduuuh..kenapa kepalaku jadi ikutan miring genee..lama-lama miring banget nih kepala, sampai kadang sudutnya 0*dengan meja..ngantuuukk.

Besok paginya di aula kampus..
Senior 4 : oke semuanya, kita akan memeriksa tugas kalian satu persatu…
Lalu semua senior masuk ke barisan maru secara acak.

Ow.ow..motek deh akuuu…seandainya kemaren ga nonton film korea dulu..seandainya ga pake window shopping pas nyari kertas manila…seandainya..seandaninya ada 2 tangan ..jangan..4 ..ehm..gak..6 tangan yang lain yang membantuku bikin tugas..ehmmm...

Dan ruangan mulai gaduh, dengan teriakan2 senior, ada 1 temanku yang dibarisan depan yang sudah dihukum, dia harus mengukur luas aula dengan jengkal tangannya sambil menyanyikan lagu balonku ada lima. (gimana coba..pikiran kita terfokus pada nyanyi, pasti gak akan bisa ngetung berapa jengkal lebar ruangan..hahaha)

Tiba-tiba 2 senior menghampiriku.
Senior 6 : mana tugasmu??(nada keras)
Senior 7 : ayo cepat perlihatkan!!
Dengan hati ciut dan deg-degan..aku keluarkan 4 lembar kertas. Sang senior meneliti kertas pertama, kedua, ketiga..dan dia membelalak ke arahku..yup..kertas ketiga cuma separo arsirannya..aku menunduk.
Senior 7: bawa dia ke belakang !!(menatap ke senior 6)
Senior 6 : ayo sini kamu!! (setengah menyeretku)

Aduuuh..mau dibawa kemana niiih?Detak jantungku seirama dengan beat music super heavy metal…
Sampai di ruangan kecil di belakang aula, beberapa senior yang sedang santai langsung mengalihkan pandangan ke pintu dan menatapku..

Waksss..curang banget nii..mereka gerombolan dan aku sendirian….help!!..anybody help!!

Senior 8 : eh..sini kamu!!(duh..ngapain sih bentak2 mas!)
Aku mendekat dan menunduk.
Senior 8 : kamu putrane Pak Herry cimanggu kan?
Hah ?? aku langsung mendongak..dan mengangguk..bingung..kok tau si mas?
Senior 8 : aku putrane Pak Pri..satu kantor sama bapakmu. Bapak dah cerita lama siih..gimana kabar keluarga?
Waah..hehehe..malah jadi ngobrol , senior yang lain di ruangan itu juga ngajak ngobrol..aku dapet minum and snack pula..
Sempat aku melihat teman-temanku dari balik pintu..waaaa..ada y ang nangis, karena pake lipstick tebel, dikata-katain mau nggodain senior..

I am sorry teman-teman..


Note : tanda * tuch maksudnya derajat, tapi kok nyari lambang derajat di keyboard ga nemu yaa..:-(


* alone in the mid day of independence day, August 17th, 2009, 12.50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar