Sabtu, 01 Agustus 2009

Testing jaman SD dulu

buat yg lahir di jaman televisi cuma nyiarin TVRI, pasti ngalamin ujian yg disebut testing (weitts jaman dulu qta malah pake istilah bule "testing") dan biasanya suka ada soal2 ajaib yg jawabannya pun ternyata "beyond expectation".

Saya paling sebel pelajaran IPS, karena soalnya gak cuma dr text book tapi juga muncul dr koran or berita terkini (sayang berita artis gak ada jaman dulu..).
Contohnya tiba2 ada pertanyaan "siapa nama direktur bank Indonesia, waktu itu beliau br diangkat...Duuh saya sih sempet baca namanya di koran Sinar Harapan langganan abang saya, cuma bacanya sekilas karena saya lebih serius baca serial "cemplon". duuh udah dipikir sampe capek, tetep yg keinget cuma nama belakangnya Mooy..duh depannya siapa ya... depannya siapa ya?? antonius? andrianus? atau siapa ya?? Akhirnya saya tulis juga A.Mooy. (berharap gurunya kasih nilai 1/2 kan lumayan tau separo namanya).

Sodara saya saat ditanya,"Jakarta mempunyai slogan BMW, apakah maksudnya?"
dan dengan polos dia menjawab "jenis kendaraan mewah..."
bener siih BMW mobil mewah, cuma kan maksudnya Bersih Manusiawi dan Wibawa..

Pelajaran berikutnya bahasa indonesia : pribahasa, "harimau mati meninggalkan...." temen saya jawab kulitnya...dan guru menyalahkan,"yang betul belang.." teman saya ngotot,"kan kulit harimau juga belang bu!"

Biasanya kita jg disuruh buat kalimat dgn kata yg disediakan dlm soal. Waktu itu katanya adalah "higiene". Nah lu! mo bikin kalimat apa coba? Karena udah mau bel akhirnya dgn nekat kalimatnya menjadi :"Bu Guru menyuruh kami membuat kalimat dengan kata higiene." hehhehe...bener kan disuruh bikin kalimat, udah kubikinin, pake kata higiene, ada kok kata2nya...kalau disalahin, awas!!

Terus ada singkatan. Kepanjangan EYD adalah...nah lu apa ya... Waktu disuruh mengumpulkan jawaban saya bilang, yang EYD belum bu...Bu Gurunya tertawa, "masak gak tau, Agus aja tau ya Gus?" Agus temen saya yg bandel bgt waktu itu, dan dia tertawa mengiyakan. Saya makin stress. Gilaa anak cerdik cendekia kayak saya (prikitiwww..) masak kalah sama trouble maker kid.
Bu Gurunya kembali menggoda,"coba kasih tau Gus, "Y" nya apa?"
dan Agus menjawab "Yang, Bu"
Bu Guru mengangguk, "Iya betul..."
..waaah makin panas neeh!! Pas bu Guru meleng, dgn mengenyahkan rasa malu saya ngelirik Agus,"Gus, EYD apaan?"
Kata Agus, "Entok Yang Dendam!"
DAMN!!! DAMN!!! Saya mau memaki dia deh, bisa2nya ngeledek saya. Akhirnya sampai batas waktu saya tetap mengosongkan jawaban pertanyaan itu. Dendam kesumat sama si Agus yg gak cs..
Waktu kertas testing dibagiin saya nyesel menuduh Agus gak setia kawan, karena ternyata jawaban dia memang Entok Yang Dendam..hehehe

Masih tentang peribahasa, "carilah lawan peribahasa berikut ini : Tong Kosong Nyaring Bunyinya.." Waktu itu saya membantu guru saya meriksa testing... Jawaban temen2 rata2 "Air Tenang menghanyutkan.." atau " Seperti padi, makin lama makin merunduk" atau sejenisnya... Dan sakit perutlah saya waktu Agus menjawab "Tong Isi Sember Bunyinya" hahaha

Sekarang pelajaran Agama, keponakan temen saya hrs menjawab soal testing "Sesudah bangkit Yesus menampakkan diri pada murid muridnya di danau......." dan secara dia adalah anak medan, dengan polos dijawab....danau Toba...hehehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar